BitMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Saturday, September 2, 2017

Sejarah Gampong Liliep

Menasah Gampong Liliep
GAMPONG LILIEP  adalah gampong dalam kemukiman Bungie. Gampong Liliep masuk dalam kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh.

Sulit untuk mencari rujukan mengapa gampong tersebut disebut Liliep, namun manurut cerita para tetua kampung, pada masa kerajaan Aceh di pimpin oleh Sultan Iskandar Muda, pada suatu masa Sultan Iskandar Muda melakukan perjalanan menuju Pahang dengan menggunakan kendaraan gajah putih. Pada saat itu rombangan rajapun kemalaman dalam perjalanan tersebut, akhirnyan rombongan tersebut memutuskan berkemah di sebuah desa yaitu Bentanyan. Gajah putih di inapakan di sebuah desa, desa tersebut hingga sekarang dikenal dengan sebutan Gampong Gajah.

Pada saat itu Sultan Iskandar Muda menyuruh para pengawalnya untuk memantau keadaan pasukannya serta melihat ke arah barat, terlihat dimata sultan dari kejauhan sebuah lampu templok (payot cilet) yang menyalanya tidak begitu terang atau istilah dalam bahasa Aceh "meulieliep, dan sultanpun berkata itu kampung apa yang lampunya meulieliep itu..?. Tentunya para pengawal Sultan tidak tahu kampung apa yang dimaksud Sultan. Singkat cerita dari pertanyaan Sultan Iskandara Muda lahirlah sebutan Gampong Liliep hingga sampai sekarang.

Versi yang lain menyebutkan dulu Gampong Liliep bagian dari Gampong Ujong Baroh, dikarenakan terlalu luas serta penduduknyapun semakin bertambah, sehingga pecah menjadi dua buah gampong, Ujong Baroh dan Gampong Liliep.

Penulis : Warga Gampong Liliep

4 comments:

  1. Mantap that sejarah Gampong Liliep

    ReplyDelete
  2. Bereh that...maju terus Gampong Liliep...Update terus informasinya..

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya..semua kampong mempunyai sejarahnya..yang ini sangat unik sejarahnya..

    ReplyDelete